Oleh: fahripeblog | Agustus 12, 2009

Garis lintang dan Garis bujur

lintang - bujurUntuk menentukan suatu tempat secara tepat di permukaan bumi biasanya digunakan garis geografi yang diakui secara internasional. Garis geografi tersebut ada dua yaitu : Garis lintang dan Garis Bujur.

Garis Lintang

Garis lintang itu adalah garis maya yang melingkari bumi ditarik dari arah barat hingga ke timur atau sebaliknya , sejajar dengan equator (garis khatulistiwa). Garis lintang terus melingkari bumi, dari equator hingga ke bagian kutub utara dan kutub selatan bumi. Menurut penamaannya, kelompok garis yang berada di sebelah selatan equator disebut Lintang Selatan (S). Sedangkan kelompok garis yang berada di sebelah utara equator disebut Lintang Utara (U). Jarak antar garis dihitung dalam satuan derajat. Garis lintang yang tepat berada pada garis khatulistiwa disebut sebagai 0º (nol derajat). Makin ke utara atau ke selatan, angka derajatnya makin besar hingga pada angka 90º (Sembilan puluh derajat) pada ujung kutub utara atau kutub selatan. Satuan derajat bisa juga disebut Jam sehingga setiap derajat terbagi menjadi 60 menit (diberi symbol ‘) dan setiap menit terbagi lagi menjadi 60 detik (diberi symbol ”). Jika misalnya garis lintang suatu tempat tertulis seperti ini : 57º 27′ 14”S, maka dibaca sebagai 57 derajat 27 menit 14 detik Lintang Selatan. Pada system pemetaan internasional huruf U sebagai Lintang Utara diganti dengan huruf N (North). Sedangkan Lintang Selatan tetap menggunakan huruf S karena Selatan dalam bahasa Inggris (South) juga berawalan huruf S.

lintangGaris Lintang menandakan perbedaan zona iklim di bumi. Daerah diantara garis Khatulistiwa yang diapit oleh garis CANCER dan garis CAPRICORN (antara 23,27 o LU – 23,27 o LS) disebut daerah tropis, karena di sanalah sepanjang waktu matahari bersinar pada siang hari, di daerah ini hanya dikenal 2 musim yaitu musim panas dan penghujan. Sementara daerah antara 23,27o LU dan 66,33oLU serta antara 23,27oLS dan 66,33oLS disebut daerah sub-tropis, di daerah ini dapat terjadi 4 musim yaitu musim panas, musim gugur, musim dingin, dan musim semi. Sementara di daerah dekat Kutub utara dan selatan (90oLU dan 90oLS) dapat terjadi masa dimana dalam satu hari tidak muncul matahari, atau sebaliknya dalam satu hari matahari selalu bersinar (dikenal dengan istilah matahari tengah malam)

Garis Bujur

Garis Bujur adalah garis maya yang ditarik dari kutub utara hingga ke kutub selatan atau sebaliknya. Dengan pengetahuan seperti itu berarti derajat antar garis bujur semakin melebar di daerah khatulistiwa dan makin menyempit di daerah kutub. Jika pada Garis Lintang, daerah yang dilalui garis khatulistiwa (equator) dianggap sebagai nol derajat, untuk Garis Bujur, tempat yang dianggap sebagai nol derajat adalah garis dari kutub utara ke kutub selatan yang tepat melintasi kota Greenwich di Inggris. Jadi, garis bujur yang berada di sebelah barat Greenwich disebut Bujur Barat dan garis yang berada disebelah timur disebut Bujur Timur. Jarak kedua garis bujur itu dari Greenwich hingga pada batas 180º (seratus delapan puluh derajat). Pada jarak itu, Bujur Barat dan Bujur Timur kembali bertemu. Garis bujur inilah yang pada perkembangannya dijadikan sebagai patokan dalam menentukan waktu di berbagai belahan dunia. Sehingga sering kali pada setiap kapal terdapat dua jam yang digunakan. Jam yang menunjukkan waktu berdasarkan waktu di kota Greenwich dan jam yang menunjukkan waktu lokal atau berdasarkan matahari. Selisih dari dua jam yang berbeda itulah para pelaut secara praktis dapat menentukan derajat garis bujur dimana mereka berada. Sama seperti garis lintang, jarak antar garis bujur juga disebutkan dalam satuan derajat. Penulisannya pada koordinat juga sama seperti penulisan untuk Garis Lintang. Yang membedakan hanyalah symbol huruf di belakangnya. Misalnya huruf B untuk Bujur Barat dan huruf T untuk Bujur Timur. Pada peta internasional, huruf E (East) untuk Bujur Timur dan huruf W (West) untuk Bujur Barat.

Kombinasi garis lintang dan garis bujur ini berguna untuk menentukan suatu lokasi di permukaan bumi. Garis Lintang menandakan sumbu x dan garus bujur menandakan sumbu y dalam sistem koordinat cartesian. Sebagi contoh kota Sabang di pulau We berada pada koordinat 6oLU 95o BT, dan kota Merauke di Papua memiliki koordinat 11oLS dan 141oBT.

( dari berbagai sumber )

About these ads

Responses

  1. berapa kilometer jejari ke arah equator dan berapa kilometer ke arah kutub dan berapa pula panjang dan kelilingnya ?

    • jejari ke arah equator = 6378.1 kM
      jejari ke arah kutub = 6356.8 kM
      keliling bumi di dapatkan ( jari2 rata = 6367.45 kM ) = 39.988 kM

  2. Tolong di perlengkapa lagi

    • Terima kasih supportnya..

    • teman-teman aku mau nanya nih
      fungsi garis bujur apa sieh………………….???

      • ayo dong aku mohon

      • untuk menentukan bagian waktu di muka bumi

      • untuk menentukan cinta aku ke kamu

    • dari cewek-cewek yang ada di sini
      mau ga jadi pacar aku
      aku akan membahagiakan kamu
      aku janji
      terserah kamu deh apa taruhhannya
      kalo aku ga nepatin janji ku

      • aku mau asalkan..

  3. apa yang dimaksud dgn daerah lintang tengah?

    • sory ya baru ke balas komennya :) :) :)

      Oh ya, setahuku lintang tengah adalah khatulistiwa 0o dan daerah lintang tengah itu sendiri mencakupi daerah yang beriklim tropis ( 23,27 o LU – 23,27 o LS )

      • cepetan dong yang tau fungsi dari garis bujur langsung jawab donk……………………………..!!! :p

  4. Apa ya d maksut dgn gasis bujur dan garis lintang.?

    • tuh pak ada pengertiannya di atas,,, (bapak atau ibu yaa?? maaf… ^_^v)

      Garis lintang itu adalah garis maya yang melingkari bumi ditarik dari arah barat hingga ke timur atau sebaliknya , sejajar dengan equator (garis khatulistiwa). garis ini di gunakan untuk pembagian iklim di muka bumi…

      Garis Bujur adalah garis maya yang ditarik dari kutub utara hingga ke kutub selatan atau sebaliknya. garis ini digunakan untuk membagi wilayah waktu….

      ^_^

      • apakah fungsi garis lintang dan garis bujur pada peta?

      • maksud dari urbanisasi apa sih

      • laga lo tai

  5. Maaf sebelumnya, cuman mau koreksi dikit. Untuk simbol dalam penulisan menit dan detik apakah sudah benar itu? Menit (‘) sedangkan Detik (“), ini menurut apa yang saya peroleh selama ini. Sekali lagi mohon maaf, kapan-kapan boleh dong sharing bareng?

    • Ok bro..dan maaf sekali kalo baru sempat ke rep ^^

      saya juga coba2 cari referensinya…cuman setahuku penggunaan simbol (′) untuk menit jikalau tidak mencantumkan detik..jika kedua2anya ada maka menit disimbolkan (″) dan detik disimbolkan (′)…

      mohon referensinya kalo ada bro…

  6. garis lintang termasuk garis apa ciehhhhhhhhhhhh?

    • garis horisontal sebagai garis maya dipermukaan bumi lawannya garis bujur

    • garis bujur fungsinya apa sieehh………………………???

  7. Akhhh,,rese nh,,,pr w jd salah tuh..kya’a perlu d koreksi lg dh…

    • makanya jangan terlalu bergantung dengan internet baca dong buku lain

  8. jarak di peta dari kota A ke kota B adalah 20 cm. Selisih lintang adalah 30 detik. Berapakah skalanya??…

  9. ah malas nyari soalnya ga ketemu mulu

  10. situs ini jelek banget sih

    • benerrr koplak

  11. gak ndawakwi mas saya itu pernah melihat garis bujur gantng sak kkebun binatang

  12. tolong d lengkapi lagi ya………>>>

  13. :D

  14. .

  15. 1 derajat perputaran bumi = berapa menit?

  16. Bagaimana menghitung perbedaan waktu antara London dan Jakarta?

  17. garis lintang 23,5 derajat disebut……

  18. bagaimana pembagian garis khatulistiwa di Indonesia..????

  19. :)

  20. mau tanya—–>>
    apa pngaruh dari garis bujur timur dan garis bujur barat???

  21. tanya dong
    jawab eo
    1. tunjukkan 3 zone / wilayah batuan Indonesia berdasarkan letak geologisnya

  22. kalau garis lintang 13° 16° 18° 21° 23 ° 25° 28° 30° 32° 34° 36° 38°

    ada yang bisa artikan gak?? itu di kota mana saja siyh ya..?? mohon bantu ^_^ thanks ya.

  23. katanya satelit berat 5 ton sksn jstug di indonesia di 57 derajat utara dan 57 derajat selatan ekuator… emang posisinya itu di mana si,,,

  24. katanya satelit berat 5 ton akan jatuh di indonesia di 57 derajat utara dan 57 derajat selatan ekuator… emang posisinya itu di mana si,,,

  25. hmhmh..tolong d lengkpi

  26. Please ada yg tau g garis ekuator ithu aph?
    yang tau tolong jawab pertanyaan ini ya n semoga yang bales dapat berkah yg cowo semoga dpt cewek cantik trus klo yang cewek semoga dpt cowo ganteng baik n setia
    amien….
    GBU

  27. :)

  28. alhamdulilh adha jga tugas yg gw cary <,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,

  29. :)

  30. tolong dong gambarkan tentang jrak lintang dan bujur bumi lbh detil
    lagi!
    kenepa setiap 1derajat ditandai dengan hitungan jam?

  31. bagaimana satelit bisa menjaga garis lintang dan garis bujur ??

    tolong dijawab…

  32. Garis lintang untuk menentukan apa ?? iklim,arah angin,cuaca,atau waktu ?? (?)

  33. Bagaimana cara mentukan letak garis lintang dan garis bujur SMP Negeri 1 Balongbendo Kab. Sidoarjo Jawa Timur.

  34. maaf, penulisan satuan diatas bukan kM, tapi km untuk menyatakan kilo meter terima kasih

  35. :D

  36. :*

  37. ini bener ga sih ha?
    klo salah yg punya blog gue jitak nih..

  38. Matur thank u

  39. Thanks,ya

  40. Bagaimana cara mentukan letak garis lintang dan garis bujur suatu Kecamatan (Kec. Maronge Kab. Sumbawa, NTB) ?

  41. mau tau ya?kalau iklim tu da brp saja?dan tolong tunjukkan juga letak gris lintang ya?trims

  42. tolong dong saya mau tanya brapa ukuran garis lintang dan bujur?
    serta apa fungsi nya????

  43. negara atau wilayah yang terletak pada garis lintang 45 derajat celcius – 60 derajat celcius memiliki iklim…

  44. Info yg cuchok bro! Hihi

  45. jelaskan garis lintang dan garis?
    bujur ap yach,,,,,,

    • bacalah di atas kan udah ada kw pun mana nya kw nanya atau ngina kw

  46. Apa ya… kegunaan garis lintang dan garis bujur jika digunakan secara bersama-sama???

  47. :) kenapa ko begini

  48. bgmana cara menghitung skala peta ?
    tloong ya Mr n Mrs

  49. Sayang informasi yg sangat berharga ini kurang diminati oleh anak anak sekarang padahal ini ilmudasar untuk menggunakan GPS

  50. infonya bagus, sayang yg coment banyak yg cm iseng….btw, thx buat yg udah ngepost nih info, cukup terbantu unt cerita ma anak2 tingkat SD

  51. mau nanya.. pengaruh garis lintang terhadap iklim itu apa??
    terima kasih..

  52. ada yg tau gak
    garis bujur indesia berapa derajat siiie????

  53. :/ kurang lengkaaap

  54. apa ada keistimewaan dari garis lintang dan bujur?
    terimakasih………

  55. kalo saya cuma mau coment sedikit aja kalo buat hasil kerja
    tolong jangan di buat kata mungkin, bisajadi yg sayaharap pas jika terdapat kata2 tersebut tolong di pastikan ia atau gax baru di buat karya nya kalo gx pasti kami pun jadi bingung kalo aku ditanya sama guru sejarah ok bang<<<<
    lengkapi yea bang aku suka sejarah

  56. apa yang dimaksud dengan ekuator?

  57. He,aku mo nanya.
    Kegunaan dan fungsi garis bujur itu apa?cpt bls y yg bs :)

  58. apa bedanya lintang daerah perhitungan dengan lintang epicenter gempa dan bujur daerah perhitungan dengan bujur epicenter gempa???

  59. perbedaan waktu antar daerah karena garis …
    apa tolong di balas secepatnya yaa

  60. makasih ya

  61. betul itu

  62. terimakasi saya suda tu ;p

  63. [...] di balik GPS sangat sederhana-bekerja dengan menyediakan satu set koordinat geografis seperti garis lintang tempat ini, bujur, dan ketinggian di Bumi. Perangkat GPS juga memberikan keluar waktu sangat [...]

  64. kakak” semua, nama garis astronomis aja apa?

  65. -_- gw lgi nyari apa perbedaan dari garis lintang 0 derajat dengan garis bujur 0 derajat _-_ Pusing gw :(

  66. pusing gW carinya

  67. maaf , aku mau nanya
    mangapa garis bujur 0° termasuk jenis garis bujur istimewa atau garis penting ?

    tolong dijawab yaa ^^

    makasih …

  68. Aku mau nanya pliiis di answer
    Bila di suatu tempat yang berada pda 60 BT pukul 07.00 pukul berapakah tempat yang berada pada 105 BT ???

  69. tanyaa..apakah pengaruhnya daerah2 yg dilaui equator??

  70. [...] : Fahripeblog, [...]

  71. berapa derajat besar arah kiblat kota probolinggo dari arah utara sejati?

  72. Berapa garis lintang dan garis bujur dalam globe..??
    #Risma

  73. apa sich arti dari garis katulistiwa?

  74. berapa sich letak astronomis jakarta pusat ???
    dan berapa selisih menit kota jakarta dengan pangkalan kerinci???balas y…

  75. dimana sich letak 45 derajat di negara indonesia?

  76. bagaimana sih menghitung garis lintang dan garis bujur

  77. Terima kasih atas penjelasannya.

  78. apa fungsi garis lintang dan bujur???

  79. Kapan aku jadi tinggi? #gamasuk akal

  80. apa hubungan derajat bujur dan lintang dengan satuan jarak?

  81. mau tanya dong , 5 fungsi garis lintang apa aja sih

  82. thanks

  83. Di perjelas lgi yach kata2nya
    maksih :)

  84. siapa yang tau negera negara yg beriklim tropis,secara astronomi dan geografi sekalian penjelasannya

  85. lanjutkan…mantap infonya

  86. ada yg tau jawaban dari soal ini”jelaskan pembagian wilayah berdasarkan garis bujur”


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: